Sunday, December 29, 2013

Berbagi Suara dengan Soundcloud





Sejarah Singkat SoundCloud

   SoundCloud awalnya dimulai di Stockholm, Swedia namun didirikan di Berlin, Jerman pada bulan Agustus, 2007 oleh desainer suara Alex Ljung dan artis Eric Wahlforss. Itu niat yang memungkinkan musisi untuk berbagi rekaman satu sama lain, tetapi kemudian berubah menjadi alat penerbitan penuh yang juga memungkinkan musisi untuk mendistribusikan trek musik mereka.
   Beberapa bulan setelah mulai beroperasi, SoundCloud mulai menantang dominasi MySpace sebagai platform untuk para musisi untuk mendistribusikan musik mereka dengan memungkinkan artis rekaman untuk berinteraksi lebih gesit dengan fans mereka. Dalam sebuah wawancara 2009 dengan Wired, pendiri Alex Ljung mengatakan:
   "Kami berdua datang dari latar belakang yang terhubung ke musik, dan itu benar-benar menjengkelkan bagi kita untuk berkolaborasi dengan orang-orang tentang musik - Maksudku kolaborasi sederhana, hanya mengirim trek ke orang lain dalam pengaturan pribadi, mendapatkan umpan balik dari mereka, dan memiliki percakapan tentang karya musik itu. Dengan cara yang sama kita akan menggunakan Flickr untuk foto kami, dan Vimeo untuk video kami, kami tidak memiliki jenis platform untuk musik kami ".

   Pada bulan April 2009, SoundCloud menerima 2.500.000 Seri A pendanaan dari Ventures Teknologi Hanson Doughty. Pada bulan Mei 2010, SoundCloud mengumumkan memiliki satu juta pelanggan Pada bulan Januari 2011, itu menegaskan bahwa SoundCloud telah mengangkat $ 10 juta. Seri B putaran dana dari Union Square Ventures dan Indeks Ventures. Pada tanggal 15 Juni 2011, SoundCloud mengumumkan mereka memiliki 5 juta pengguna terdaftar, dan investasi dari Ashton Kutcher dan A-Grade Dana Guy Oseary itu. Pada tanggal 23 Januari 2012, SoundCloud mengumumkan di blog mereka bahwa mereka memiliki 10 juta pengguna terdaftar. Sebuah roda cerita diciptakan untuk kesempatan, yang dapat ditemukan di blog SoundCloud.

Kegunaan SoundCloud

    Seperti yang tertuliskan di sejarah diatas, Situs Soundcloud ini awalnya digunakan para musisi untuk berbagi rekaman satu sama lain. Namun sekarang tidak hanya musisi saja yang bisa menggunakan soundcloud, semua orang diseluruh dunia bisa menggunakan situs ini seperti SoundCloud yang memiliki tagline Hear the world’s sounds yang berarti “Dengar Suara Dunia”.
   Soundcloud memungkinkan penggunanya untuk  berbagi suara kepada pengguna yang lainnya. SoundCloud menyediakan tempat bagi siapa saja yang ingin berbagi suara-suara yang ada. Suara-suara ini tidaklah harus dalam bentuk musik, kita bisa membagikan suara indah alam sekitar, suara unik ciptaan sendiri dan berbagai hal yang bisa kita bagikan dalam bentuk suara.
    Untuk menggunakan Media sosial Soundcloud ini sama seperti media sosial yang lain, kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah terdaftar menjadi pengguna,  Pengguna bisa mengupload karya musik ciptaannya atau hasil cover disini. Soundcloud ini memungkinkan kita untuk mengupload suara dengan format yang memiliki filesize kecil yaitu mp3 sampai Format yang memiliki filesize paling besar yaitu WAV.
       Seperti halnya media sosial twitter SoundCloud juga bisa menambah teman dengan melakukan “Follow” ke akun pengguna yang lainnya. Semua update dari teman kita akan muncul di bagian Stream akun kita dan bisa didengar maupun di download, begitu juga dengan semua aktivitas kita, akan muncul di halaman Stream teman kita. SoundCloud juga dapat membuat suatu Grup yang berisikan komunitas untuk saling berbagi dengan orang-orang yang memang mempunyai pikiran yang sama.
      Jika kita adalah pendatang baru di bidang musik, SoundCloud merupakan media yang termudah untuk bisa mempromosikan lagu atau musik ciptaan kita sendiri agar bisa didengar dan dilihat oleh pengguna lainnya tidak hanya pengguna SoundCloud saja tetapi pengguna media sosial lain dengan cara menge-Sharenya ke akun-akun media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter,blog, website, Google+ dan lain sebagainya dengan cara share link URL di media social tersebutDi SoundCloud kita tidak wajib meng-upload Karya music kita, kita juga bisa hanya menggunakan media ini untuk mendengar karya orang lain, dan kita bisa me-Repost karya orang lain yang menurut kita sangat bagus dan patut untuk didengarkan.
       Hal yang unik juga dari SoundCloud yaitu  apabila kita mendengarkan karya music yang menurut kita bagus, kita bisa memberikan Comment di karya tersebut, namun tidak seperti format comment seperti biasanya. Kita memberikan Komentar di posisi (suara) mana yang benar-benar membuat karya tersebut bagus. hal ini dapat membantu commenters untuk memperjelas bagian suara mana yang ingin dikomentari.
     Kelebihan dari soundcloud ini juga adalah kita para musisi yang mengupload karyanya di akun soundcloud bisa menentukan apakah karya yang kita buat itu diperbolehkan atau tidak untuk di download oleh pengguna soundcloud yang lainnya. Hal ini berarti dapat melindungi hak cipta kita sebagai pencipta karya tersebut.
       Dilihat dari segi keuntungan dari soundcloud ini bagi para peminat music dan ingin berkarya, soundcloud ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan berbagai kemudahannya dan sangat disarankan bagi para pendatang baru yang ingin menjadi musisi sebagai sarana promosi yang gratis dan praktis.

Source:

No comments:

Post a Comment

Pages