Sunday, December 29, 2013

Berbagi Gambar dengan Instagram



 










      Instagram merupakan salah satu  jejaring sosial yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat dunia. Instagram tidak bisa dipungkiri lagi telah menjadi salah satu aplikasi photo-editing dan photo-sharing terpopuler saat ini. Sejak pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010, aplikasi ini telah mendapatkan sambutan yang begitu luas dari para pengguna iOS. Pengguna instagram sangat banyak dari kalangan masyarakat biasa sampai public figure pun banyak yang menggunakan instagram.
      Pada awalnya jejaring sosial instagram ini hanya diperuntukan oleh Smartphone Apple seperti iPhone, iPad, iPod touch. Namun seiring banyaknya peminat instagram, perkembangan teknologi dengan munculnya Smartphone Android instagram pun membuat aplikasi instagram yang dapat digunakan di handphone android juga sehingga pengguna instagram terus melonjak. Aplikasi instagram ini bisa didapatkan di Apple App Store dan Google Playstore.
      Awalnya instagram adalah jejaring sosial yang diperuntukan hanya untuk berbagi foto-foto yang telah kita ambil.  Jenis foto-foto seperti apapun dapat kita upload dan bagikan disini baik itu foto pemandangan, makanan, foto pribadi, ataupun abstrak sekalipun. Tetapi, sekarang instagram juga telah memperbahurui jejaring sosial ini untuk bisa membagikan video juga.
     Jejaring sosial yang satu ini sama halnya seperti media sosial twitter. Kita dapat mem”follow” akun orang lain untuk bisa menjadi temannya dan mendapatkan update foto-foto terbaru dari orang yang kita follow tersebut di home kita. Kita bisa mengupload foto ataupun video kita, entah itu foto yang sudah ada dari galeri kita sendiri ataupun mengambil langsung gambar  atau video yang ingin di upload secara langsung. Uniknya pada instagram ini saat kita ingin mengupload foto kita di perbolehkan meng-edit atau memperindah gambar tersebut dahulu dengan memberikan efek-efek seperti sephia, black and white dan sebagainya. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Kita juga dapat memberikan informasi atau keterangan pada gambar dan video yang kita upload pada bagian caption, baik itu temanya, dengan siapa atau apapun informasi yang kita ingin tampilkan tentang uploadan kita.
    Kita juga diperbolehkan me-mention teman kita di bagian comment maupun caption dengan menambahkan “@” dan diikuti nama akun teman kita seperti halnya di twitter. Kita bisa mengomentari foto tersebut, dan menyatakan kesukaan dengan me-like foto atau video dengan cara doubletap di foto ataupun video yang kita sukai.
       Manfaat jejaring sosial instagram ini untuk orang-orang yang memiliki minat dibidang foto ataupun yang menyukai mengoleksi peristiwa-peristiwa di sekitarnya dengan memotretnya jejaring sosial ini merupakan suatu tempat yang tepat untuk menyalurkan minat dan ide kreatif  mereka. Melalui berteman dengan orang-orang yang awalnya belum dikenal melalui karya fotonya yang bagus dan indah kita bisa saling bertukar pikiran dan berbagi pengetahuan dan informasi, menjalin komunikasi antar sesama pengguna. Untuk yang hobi fotografi Kita dapat belajar bagaimana menghasilkan foto yang indah dengan melihat hasil karya-karya dari pengguna instagram yang memang sudah profesional dalam hal mengambil gambar. Namun ada juga sisi negatif dari jejaring sosial ini, misalnya menjadi kecanduan dan hanya bersosialisasi lewat dunia maya saja ataupun ada beberapa pengguna instagram yang menggunakan jejaring sosial ini hanya untuk memamerkan sesuatu, misalnya barang mewah ataupun yang menunjukan suatu kemewahan yang pada akhirnya memunculkan suatu kesenjangan sosial diantara pengguna instagram.

Source:

1 comment:


  1. instagram adalah salah satu aplikasih yang banyak di gemari dari orang biasa sampai kalangan artis dan pejabat


    Songkok Desain sendiri

    Songkok Presiden RI

    songkok nasional

    ReplyDelete

Pages