Lazada.co.id
Lazada merupakan
top online retailer di Indonesia yang
mempunyai lebih dari 37.000 produk dan lebih dari 16 kategori utama
diantaranya: Elektronik, komputer, laptop, tablet, fashion terbaru, peralatan rumah tangga, alat kesehatan
dll. dan ribuan kategori lainnya. Dengan fasilitas
pre-order, kita akan memiliki
kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan. Lazada.co.id selalu
berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan berbagai penawaran
menarik, jaminan harga terbaik, special diskon, Special Promotions, special deal dan juga
memberikan kemudahan transaksi dengan gratis ongkos kirim untuk area tertentu, cash on delivery (COD) dan
Lazada menyediakan pembayaran
melalui kartu kredit, transfer antarbank, dan juga lazada menawarkan metode pembayaran yang pastinya
mudah dan aman demi kenyamanan Anda berbelanja dengan
barang yang memiliki garansi
resmi untuk setiap produk.
Fitur-Fitur yang dimiliki Lazada:
1. List Katalog Produk
Lazada
menyediakan daftar catalog yang ditempatkan di halaman awal websitenya dan
catalog tersebut juga dikelompokan berdasarkan kategori sehingga membuat para
pelanggan yang ingin berbelanja dimudahkan untuk melihat-lihat barang yang ingin
dibeli dan dalam beberapa kategori tersebut terdapat pembagian barang lagi yang
dikelompokkan berdasarkan kategori yang lainnya misalnya: jenis
kelamin(Pria/Wanita), produk terbaru, terlaris dll.
2. Search Product dan
Filter
Fitur search/pencarian terdapat
di home website lazada dan fitur ini membuat para calon konsumen lebih mudah menemukan
produk yang mereka inginkan. Dengan fitur search ini pelanggan
bisa langsung mencari nama barang yang diinginkan dengan hanya memasukan nama
barang tanpa harus mencarinya di list catalog. Dan filter digunakan untuk memisahkan
barang-barang berdasarkan warnanya, harga, brand yang kita inginkan. Dilakukan dengan
menceklis bagian kotak di fitur filter.
3. Fitur Shopping Cart
Fitur shoopping cart pada toko
online merupakan hal utama dan harus diperhatikan, fitur shooping cart di toko
online memiliki fungsi utama dalam proses terjadinya pembelian produk pada
suatu toko online. Lazada
menyediakan fasilitas tas belanja agar pelanggan tidak perlu mengingat barang
apa saja yang sudah dibeli karena setiap barang yang telah kita beli langsung
masuk kedalam Troli dan jika kita ingin melihatnya kita hanya harus menekan
button bergambar Troli dan semua barang dan detail informasi seperti Harga
status tersedia atau tidaknya akan ditampilkan di dalam tampilan troli
tersebut.
4. Cara Pembayaran
Konsumen di toko online memang harus dimudahkan
dengan cara pembayaran yang ditawarkan. Di Lazada mereka menawarkan beragam
metode pembayaran seperti Transfer lewat rekening bank, membayar Kredit sampai
COD(cash on delivery). Dan mereka juga memberitahukan jasa pengiriman yang
bekerjasama dengan mereka.
5. Privasi dan Checkout Toko
Online yang Aman
Lazada menjaga privasi dari data-data customernya dan menggunakan teknologi enkripsi 128
– bit SSL (Secure Sockets Layer) untuk memproses perincian finansial. Enkripsi
128 – bit SSL membutuhkan waktu sekurang-kurangnya satu triliun tahun untuk
dipecahkan, dan merupakan standar dalam industry.
6. Jaringan Sosial
Membuat toko online tidak sekedar sebagai media jual
beli, Lazada juga mempunyai beberapa media
Sosial untuk sarana komunikasi kepada pelanggan mereka dan juga sebagai sarana
promosi juga bagi lazada, mereka melampirkan media social yang mereka punya
agar para pelanggan mem-Follow mereka sehingga lazada dapat terus
menginformasikan hal baru kepada pelanggan. Karena tidak setiap hari pelanggan
akan membuka website lazada maka dari itu di dalam media social itu mereka
memberitahukan kepada para calon konsumen tentang update-an terbaru mereka di
lazada dengan mudah.
7. Garansi
di lazada setiap produk yang dijual mempunyai garansi 14 hari. Jadi, jika barang yang dibeli dari lazada terdapat kerusakan, kecacatan dsb dalam jangka waktu 14 hari barang tersebut dapat dikembalikan kepada pihak lazada dan dapat ditukar kembali dengan barang yang baru.
8. Diskon/Special promotion
Di lazada menyediakan special promotion yang barang-barang dalam
kategori tersebut sedang Sale(diskon) dengan range diskon yang dimulai dari
terkecil sampai terbesar terdiri dari berbagai produk dengan banyak brand dari
yang terpopuler dan terlaris sampai yang kurang populer
Zalora.co.id
ZALORA adalah
destinasi fashion online terkemuka di
Asia.Zalora adalah situs e-commerce
fashion yang terbesar dan tercepat di Asia Tenggara.Didirikan pada awal
tahun 2012, Zalora berada di Singapura, Indonesia, Malaysia, Brunei, Filipina,
Thailand, Vietnam, dan Hong Kong. Menawarkan koleksi lebih dari 500 merek lokal
maupun internasional dan desainer, pelanggan Zalora dapat berbelanja online dari ribuan produk fashion pria dan wanita mulai dari
pakaian, sepatu, aksesoris hingga produk kecantikan. Zalora menawarkan 7 hari
gratis pengembalian, pengiriman yang cepat dalam kurun waktu 1 hingga 3 hari
kerja, pengiriman gratis* dan beberapa metode pembayaran termasuk COD (Cash On Delivery).
Zalora.co.id
menyediakan beberapa fitur penting untuk para customers nya. Berikut akan
dijelaskan beberapa fitur penting tersebut :
Pembagian produk alias kategori
produk merupakan salah satu fitur yang tentunya akan membantu customers memilih barang yang mereka
inginkan. Pasalnya, fitur ini membagi produk dalam 2 kategori, yaitu Pria dan
Wanita.Dengan adanya fitur pembagian kategori ini, customersdibuat agar tidak
perlu bingung memutuskan barang yang ingin dibeli tersebut diperuntukkan untuk
pria atau wanita. Fitur ini adalah fitur sederhana namun sangat berguna untuk
calon pembeli.
Fitur yang tak kalah pentingnya dari
fitur pengkategorian produk adalah fitur pencarian dan filter barang. Apakah
itu fitur pencarian ?fitur pencarian adalah fitur yang digunakan untuk mencari
barang yang diinginkan. Terlihat seperti gambar di bawah (dibulatkan dengan
warna merah), terdapat fitur pencarian dimana kita hanya perlu mengetikkan kata
kunci dari produk yang dimaksud. Misalnya saja kita mengetik kata “tas”, makaakan
muncul seluruh produk tas yang terdapat di situs ini, mulai dari harga termurah
hingga termahal. Sedangkan fitur filter barang sendiri merupakan fitur pembantu
setelah pencarian. Atau dapat dikatakan fitur pencarian barang yang lebih
spesifik. Misalnya saja, kita mengingkan produk tas dengan brand Guess dan harga Rp 200.000 – Rp 300.000,
maka yang pertama dilakukan kita mengetik kata “tas” pada fitur kotak
pencarian, lalu memilih brand yang ada pada lingkaran warna biru serta
menentukan harga yang ada pada lingkaran hijau.
Fitur Customer Service yang real-time membantu calon pembeli saat
akan membeli produk (Pra-Beli). Fitur Customer Service di Zalora ini pun berupa
live chat seperti yang ditunjuk di bawah ini.Fitur Live Chat ini digunakan jika
seorang calon customer ingin bertanya-tanya tentang produk yang hendak mereka
beli.Sedangkan fitur konfirmasi pembayaran ditujukan agar membuat yakin para pembeli
bahwa barang yang mereka beli sudah dibayar dan siap dikirim (Pasca-Beli).Pastikan
calon pembeli tidak kesulitan menemukan 2 fitur penting ini.
Produk Update merupakan fitur yang
menampilkan produk-produk yang sedang update dan seasoning (musiman), serta new
arrival (baru datang). Misalnya saja, sebentar lagi kita akan memasuki bulan
suci Ramadhan, maka produk update yang diluncurkan oleh Zalora tentunya adalah
produk-produk yang berbau islami, seperti baju muslim pria dan wanita. Mulai
dari baju koko, gamis, kaftan, serta kerudung. Fitur produk update ini pun akan
muncul di home pertama kali ketika kita membuka situs Zalora.
Shopping cart atau
tas belanja. Begitulah orang-orang menyebutnya. Jika seseorang ingin berbelanja
di suatu tempat, pasti nya mereka akan membutuhkan tas belanja untuk menaruh
barang belanjaan mereka sebelum dibayarkan ke kasir. Hal ini lah yang juga
diterapkan ketika kita ingin berbelanja di Zalora. Zalora menyediakan fasilitas
tas belanja agar kita tidak perlu repot-repot lagi mengingat barang apa saja
yang sudah kita beli karena fasilitas Shopping Cart ini mengingatkan kepada
kita barang apa saja yang sudah dibeli ketika kita mengarahkan kursor ke arah
icon Shopping Cart.
ZALORA outlet merupakan bagian terpisah dari situs Zalora yang digunakan untuk
menjual barang-barang yang memiliki diskon besar atau musiman. Zalora outlet
adalah sebuah toko outlet ritel yang menawarkan barang-barang
diskon, terutama jika stok terlalu banyak atau barang dalam ukuran yang kurang
populer atau umum. –Produk-produk dari situs utama Zalora di salurkan ke toko
outlet dimana pengecer dapat menjual barang dagangan mereka secara langsung
kepada masyarakat. Produk-produk baru yang segar membuat customers bisa
menikmati berbelanja koleksi barang murah Zalora dari pakaian, aksesoris dan banyak
lagi. Semua barang dari situs utama Zalora yang memiliki diskon atau lebih dari
30% dan ditetapkan untuk tingkat diskon ini selama lebih dari 30 hari akan
pindah ke outlet stores secara otomatis.
Marketplace adalah tempat dimana masyarakat dapat saling melakukan transaksi jual
beli barang dan jasa.Dengan berpartisipasi di Marketplace (Pertukaran) di
Internet, kita tidak lagi dibatasi oleh jarak geografis, dan memungkinkan untuk
menjangkau pelanggan dimana saja. Di Zalora Marketplace, kita dapat
menemukan produk-produk fashion
dengan kualitas terbaik yang akan dijual secara langsung oleh fashion store.
Jejaring sosial adalah
salah satu fitur penting yang harus ada di dalam situs penjualan online.Mulai
dari Facebook, Twitter, dan sebagainya. Fungsi dari adanya fitur jejaring sosial ini bukan lain adalah untuk menjaring dan membuat komunitas yang menyukai produk pada toko online
mereka.
Metode
pambayaran yang digunakan oleh Zalora sangatlah banyak. Kita dapat membayar
melalui Mastercard, COD (Cash On Delivery), VISA, BCA, Mandiri dan Bank BRI.
Sedangkan jasa pengiriman yang disediakan salah satunya adalah JNE.
Fitur Newsletter merupakan
salah satu fitur penarik minat customers yang disediakan oleh Zalora. Why? Sebab, dengan adanya fasilitas
Newsletter ini, pembeli baru yang ingin menjadi pelanggan tetap bisa terus
mendapatkan informasi terbaru tentang produk-produk terbaru dari Zalora melalui
e-mail mereka.
Dan fitur terakhir
yang akan dibahas adalah Security System. Demi mengutamakan privasi pelanggan dan pengamanan dari situs Zalora sendiri,
Zalora menggunakan teknologi 128 - bit SSL (secure sockets layer) encyption
saat memproses rincial finansial customers.
128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya
satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri.
Source:
www.Alexa.com
www.Lazada.co.id
www.zalora.co.id
http://pesandesign.com/web-design-fitur-toko-online/
13. Garansi
di Zalora setiap produk yang dijual mempunyai
garansi 30 hari. Jadi, jika barang yang dibeli dari Zalora terdapat kerusakan,
kecacatan atau hal yang menyebabkan customer tidak puas dsb, dalam jangka waktu
30 hari dihitung sejak barang diterima, barang tersebut dapat dikembalikan
kepada pihak Zalora dan dapat ditukar kembali dengan barang yang baru.
Analisis Perbandingansitus online
Zalora dan Lazada
1. Garansi
Pada
situs penjualan online Zalora, garansi yang diberikan kepada customers adalah
30 hari setelah barang dibeli dan diterima. Sedangkan di situs Lazada, garansi
yang diberikan hanyalah 14 hari setelah barang dibeli.
2. Tampilan Shopping
Cart
Menurut
kami, tampilan Shopping Cart pada Zalora lebih simple daripada Lazada. Ketika kita
sudah berbelanja dan memasukkan barang yang dibeli ketroli kemudian kita ingin kembali
melihat-lihat produk lainnya, maka untuk mengingat barang yang sudah dimasukkan
ketroli pada situs Zalora, kita hanya cukup mengarahkan kursor ke icon Shopping
Cart, maka akan muncul barang-barang yang sudah dimasukkan ketroli.
Sedangkan
di Lazada, kita perlu mengklik icon Shopping Cart terlebih dahulu. Barulah muncul
barang yang ada di troli.
3.
Gratis
Pengiriman
Gratis pengiriman di Zalora dan Lazada berlaku untuk
seluruh wilayah JABODETABEK (tanpa syarat). Namun, gratis pengiriman tidak berlaku
di luar JABODETABEK. Di Zalora, gratis pengiriman berlaku jika batas minimal
pembelian produk untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan adalah Rp
200.000 dan untuk WIT-NTB minimal pembelian sebesar Rp 300.000. sedangkan di
Lazada, gratis pengiriman berlaku jika batas minimal pembelian produk untuk Pulau
Jawa, Bali, Sumatera, dan NTB sebesar Rp 90.000 dan beratnya di bawah 6 Kg.
4. Login
Jika
ingin membeli barang di situs penjualan online, otomatis yang harus dilakukan
pertama kali sebelum membayar adalah login.Login di Zalora dapat melalui akun
Facebook jadi data-data yang diperlukan langsung disalin dari data informasi Facebook.
Sedangkan di Lazada, kita tidak dapat login melalui Facebook dan kita
diharuskan mengisi data lengkap kita.
5. Newsletter,
MarketPlace, dan OutletStore
Perbedaan dari kedua situs penjualan online (Zalora dan Lazada) adalah
Newsletter, MarketPlace, dan Outlet Stores.Dimana jika di Zalora terdapat
ketiga fitur tersebut, tidak jika di Lazada.Lazada tidak memiliki Newletter,
MarketPlace maupun Outlet Stores.
6. Layanan Customer
Pada
situs Lazada, saat kita ingin menanyakan sesuatu maka kita harus memasukan
pertanyaan kita namun tidak langsung terhubung kepada agen lazada melainkan,
kita akan diberikan daftar pertanyaan yang serupa terlebih dahulu dan jika kita
tidak puas maka ada pilihan untuk chat kepada agen namun, saat itu sudah malam
dan tidak ada agen yang tersedia sehingga kita di sarankan meninggalkan pesan.
Sedangkan di zalora diwaktu yang sama, zalora memang mempunyai fitur Live Chat yang memungkinkan customer
untuk bertanya langsung ke agen di zalora dan saat itu mereka tetap aktif walau
sudah bukan jam kerja normal.
7.
Perbandingan
Traffic Lazada.co.id dan Zalora.co.id:
Menggunakan
situs Alexa.com kami mencoba untuk membandingkan traffic situs Lazada.co.id dan
Zalora.co.id dan diperoleh hasil seperti gambar yang dilampirkan dibawah.
Untuk situs Lazada.co id Global Rank menunjukan ranking global situs lazada yg berada pada
posisi 2118 dan untuk ranking di Indonesia, Lazada menduduki peringkat 31,
Bounce rate).
Untuk situs Zalora.co.id Global Rank menunjukan ranking global situs
lazada yg berada pada posisi 9716 dan untuk ranking di Indonesia, Lazada
menduduki peringkat 139. Terlihat perbedaan yang cukup jauh antara situs Lazada
dan Zalora jika dilihat dari sudut pandang di Rank global dan indonesia. Bounce
Rate(tingkat lambungannya) jika dilihat juga zalora masih tertinggal oleh
Lazada namun Zalora mengalami peningkatan 5% sedangkan zalora mengalami
penurunan 9% dibandingkan dengan 3 bulan yang lalu .
Gambar dibawah perbandingan
peringkat Global kedua situs. Lazada masih jauh mengungguli Zalora namun jika
dilihat dari peningkatan kepopuleran situs Zalora mengalami peningkatan yang
lebih tinggi dibandingkan dengan lazada.
Source:
www.Alexa.com
www.Lazada.co.id
www.zalora.co.id
http://pesandesign.com/web-design-fitur-toko-online/
No comments:
Post a Comment