Thursday, October 4, 2012

Peran dan Kegiatan Individu di Lingkungan Keluarga dan Masyarakat


Kita sebagai manusia mempunyai dua peranan individu dalam hidup. Peranan itu adalah individu dalam keluarga dan individu dalam masyarakat.

Dalam hal ini, saya sebagai individu dalam keluarga mempunyai peran dan kegiatan yang sangat banyak. Di dalam keluarga saya harus bisa menjaga sikap, tidak egois, membantu orang tua, lalu saya harus bisa menjaga nama baik keluarga, mengharumkan nama keluarga, membuat keluarga saya bahagia dengan cara yang positif dan yang paling penting mebuat orang tua saya bangga dan senang karena saya. Untuk  bisa mewujudkan itu semua saya bisa memulainya dengan melakukan sesuatu yang positif seperti berusaha kuat dalam hal pelajaran untuk mendapatkan tempat terbaik di semua pelajaran. Itu bisa dilakukan dengan cara belajar dengan giat, tekun dan bersungguh-sungguh. Walaupun sempat mengalami kegagalan dan setelah itu mengalami ketidakpercayaan pada diri sendiri, pada akhirnya saya sadar bahwa saya harus berdiri kembali dan berusaha untuk mencapai apa yang saya inginkan lagi agar saya bisa terus mencapai keinginan untuk membuat keluarga saya bahagia. Saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai cita-cita yang sudah saya dambakan. Sebagai individu saya mempunyai banyak keinginan, salah satunya adalah mencapai kesuksesan deuntuk saya sendiri dan untuk membuat orang tua saya bangga dan bahagia, dan juga tidak ingin membuat orang tua saya menjadi susah dan kecewa karena saya. Sebagai individu saya mengerti akan peranan tersebut, walaupun pada awalnya saya masih merasa itu tidak penting, tapi semakin waktu berjalan akhirnya saya mulai tersadar dan mulai melakukan itu dalam hal positif. Saya mulai belajar giat dan giat lagi, juga mencoba hal-hal baru yang belum saya ketahui untuk menambah wawasan, dan sekaligus menjadi bekal untuk saya di masa depan nanti.

Tapi dalam peanan individu dalam keluarga yang sedang saya alami, saya juga tidak lupa bahwa saya sebagai manusia terlahir juga menjadi makhluk sosial. Makhluk yang tidak bisa hidup sendiri atau dengan kata lain membutukan orang lain selain anggota keluarga kita sendiri. Saya sebagai anggota masyarakat, saya juga harus ikut serta dalam hal-hal berbau masyarakat tentunya. Misalkan partisipasi dalam rangka peringatan hari kemerdekaan, karang taruna, kerja bakti, membantu sesama warga yang sedang mengalami kesulitan dsb. Masyarakat bukan berarti hanya dilingkungan sekitar rumah saja. Lingkungan bermasyarakat bisa juga diartikan masyarakat sekolah, masyarakat perkuliahan dsb. Jika dalam lingkungan sekolah, saya berperan aktif dalam salah satu kegiatan ekstrakurikuler, kelompok belajar dan lain sebagainya.
Jadi kita semua jangan hanya berfokus di satu peranan saja. Misalkan berfokus sebagai individu di lingkungan keluarga saja dan selalu memikirkan bagaimana cara membuat keluarga bahagia tanpa saya berpikir untuk membaur di kegiatan bermasyarakat. Hal itu nantinya akan membuat kita merasa terkucilkan dan merasa tidak bisa bersosialisasi dengan orang lain di luar keluarga. Jadi, saya harus menyeimbangkan kedua peranan itu agar kita bisa selalu ada keselarasan dan kenyamanan dalam melakukan kegiatan saya di dalam lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat tentunya.

No comments:

Post a Comment

Pages