Thursday, October 4, 2012

Ragam Kebudayaan Korea Selatan


Korea Selatan, Negara yang satu ini sudah sangat terkenal belakangan ini, apalagi di Indonesia. korea selatan mempunyai banyak hal yang menarik untuk diketahui. Misalnya tentang kebudayaan Korea Selatan dari yang tradisional, popular bahkan tentang pertahanan, makanan, kebiasaan dan gaya bahasa yang digunakan oleh orang-orang di Korea.



kebudayaan tradisional Korea antara lain ada di pakaiannya, yang dinamai “Hanbok” , hanbok dulunya biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan disesuaikan oleh status sosial yang mereka miliki. Namun, saat ini hanbok hanya digunakan untuk acara-acara penting saja. contoh tradisional lainnya adalah alat musik dan seni musik di Seoul. 

picture by belimbingwuluh.wordpress.com

Alat musik tradisional di korea antara lain:
Gayageum yang kelihatannya seperti alat musik Kecapi di Indonesia, terbuat dari kayu dan di pasangkan 12 senar dari bahan nilon dan dimainkan dengan cara di petik.
picture by korea.panduanwisata.com

Haegum adalah alat musik tradisional sejenis rebab dan dimainkan dengan cara di gesek.
picture by korea.panduanwisata.com

janggu adalah gendang tradisional korea, dimainkan dengan cara di tabuh dengan dua tongkat kecil.
picture by korea.panduanwisata.com


Ajaeng adalah alat musik terbuat dari kayu dengan 7 senar tebal terbuat dari sutra di pasang diatas badan kayu dan dimainkan dengan cara di gesek.


Musik Tradisional Korea Selatan contohnya : jeong-ak (musik istana), pansori (musik tradisional), music rakyat dan sanjo (permainan musik solo)

Kebudayaan Popular Korea Selatan, saat ini hampir semua Negara sudah mengetahui tentang K-POP dan bahkan menikmatinya. K-pop yang di awali oleh munculnya para band-band, solois, boy band dan girl band korea ini pada awalnya hanya memberi pengaruh yang sedikit, tetapi pada akhirnya itu semua menjadi pengaruh yang sangat besar bahkan mendunia. Kemunculan para boy band dan girl band seperti SNSD, super junior, T-ara, Miss A, 2PM dan lainnya  yang menampilkan para personil yang tidak hanya mempunyai wajah yang menarik tapi juga mempunyai talenta di berbagai bidang seperti bernyanyi sambil menari, membawakan acara, sampai berakting di layar kaca. Hal ini yang membuat banyak orang terkagum-kagum melihat semua talenta yang dimiliki. Kenyataannya, semua artis bertalenta itu ternyata di latih dan di genjot habis-habisan oleh Manajement yang membawahi para artis itu sebelum mereka turun ke panggung hiburan Korea Selatan. Karena itu demam K-Pop akhirnya sampai ke Indonesia dan bermunculanlah para boy band dan girl band Indonesia yang juga dilatih terlebih dahulu sehingga bisa menyamai para seniornya.
      picture by http://www.google.com

Makanan di Seoul juga bermacam-macam, ada yang tradisional seperti Bibimbab, Kimchi(sayuran yang dipedaskan),jjangmyung(semacam mieyang dibumbui dan ditambahkan sayuran sebagai pelengkap) dll, dan ada juga yang disebut ”street food”, atau dalam bahasa Indonesia jajanan jalan seperti ddoebokki(kue beras dengan bumbu yang pedas), odengj, twiggim dll.
jjangmyung

Kimchi
odengj
bibimbab
Ddoebokki







Untuk segi pertahanan di Korea Selatan, semua warga Negara yang pria harus mengikuti Wajib Militer selama 2 tahun. Itu semua bertujuan untuk melakukan pertahanan Negara, sekaligus menyiapkan mental para warga negaranya dan berjaga-jaga apabila suatu saat terjadi peperangan atau hal apapun yang mengancam Negara Korea Selatan itu, Korea Selatan mempunyai prajurit yang tidak hanya terbatas di anggota asli Militer saja.
picture by sujufemm.wordpress.com

Kebiasaan dan gaya bahasa yang digunakan. Kebiasaan masyarakat Korea Selatan antara lain menyuguhkan minuman alcohol kepada tamunya, makan di kamar itu dianggap tabu oleh kebanyakan masyarakat korea, Orang Korea Selatan tidak merokok di tempat-tempat umum sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Orang Korea selalu mementingkan etika dan sopan santun misalnya menerima dan memberikan apapun dengan menggunakan tangan dua, membiasakan diri untuk selalu memberi salam, membungkukkan badan saat memberi salam kepada orang yang dihormati, selalu berterima kasih apabila menerima apapun, dan selalu berjiwa besar dan mau mengakui kesalahan serta meminta maaf. Gaya bahasa yang digunakan itu dibedakan di Korea. Untuk sesama teman yang seumuran kita bisa menggunakan bahasa Informal, tetapi jangan coba-coba menggunakan bahasa informal kepada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati. Diatas sudah dijelaskan bahwa orang Korea terbiasa dengan sopan santun yang tinggi. Maka dari itu, jika kita berbicara kepada orang yang dihormati dan lebih tua biasakan memakai bahasa Korea yang Formal. Orang Korea tidak segan-segan menegur kita apabila kita melakukan kesalahan. 
jadi, perhatikan sopan santun jika kita berkunjung ke negara korea selatan dan tidak sembarangan berperilaku.

No comments:

Post a Comment

Pages