Thursday, October 4, 2012

Migrasi



Migrasi mempunyai definisi  yaitu perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain. migrasi penduduk sudah terjadi dari beribu-ribu tahun yang lalu dan berlanjut sampai sekarang. perpindahan penduduk atau migrasi ini mencakup perpindahan dari desa menuju ke kota-kota besar ataupun wilayah yang lebih maju lainnya, dan juga perpindahan penduduk dari suatu Negara ke Negara lainnya.

picture by affandymuradsite.blogspot.com

migrasi di Jakarta dan kota-kota besar lainnya biasanya sangat terlihat saat setelah hari raya lebaran. Ibukota Indonesia, yaitu Jakarta yang menjadi tujuan utama para pelaku migrasi yang mayoritas berasal dari desa, mengalami peningkatan jumlah penduduk yang sangat besar setiap tahunnya setelah Lebaran. penduduk yang bermigrasi itu bertujuan mengadu nasib di Ibukota.

sebenarnya apa sih yang menyebabkan para penduduk ingin melakukan migrasi ke kota?
penduduk yang melakukan migrasi mempunyai berbagai macam alasan dan tujuan.
Alasan Politik / Politis , Kondisi perpolitikan suatu daerah yang panas atau bergejolak akan membuat penduduk menjadi tidak betah atau kerasan tinggal di wilayah tersebut.  
Alasan Sosial Kemasyarakatan  anggapan bahwa kondisi sosial yang lebih baik berada di kota, dan masyarakatnya lebih bisa membaur dengan sesama.
Adat-istiadat yang menjadi pedoman kebiasaan suatu daerah dapat menyebabkan seseorang harus bermigrasi ke tempat lain baik dengan paksaan maupun tidak. Seseorang yang dikucilkan dari suatu pemukiman akan dengan terpaksa melakukan kegiatan migrasi.
Alasan Agama atau Kepercayaan
Adanya tekanan atau paksaan dari suatu ajaran agama untuk berpindah tempat dapat menyebabkan seseorang melakukan migrasi. (oleh: Organisasi.Org Komunitas & Perpustakaan Online Indonesia) .  Bisa juga masalah Ekonomi  yang memaksa orang miskin untuk mencoba mencari peruntungan dengan melakukan migrasi ke kota dengan tujuan, mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan bisa menjadi orang yang sukses dengan berpindah ke kota. Tanpa mereka sadari di kota, terutama di Jakarta kehidupan semakin susah, kepadatan penduduk semakin parah, angka pengangguran semakin meningkat, dan apa yang mereka harapi mungkin tidak akan terwujud.


Alasan bahwa di Kota mempunyai fasilitas yang sangat lengkap dan semakin modern juga menarik para pelaku migrasi untuk datang dan menetap di kota. fasilitas itu seperti, Pendidikan yang bagus dan berkualitas, lapangan pekerjaan yang bervariasi serta pusat-pusat perbelanjaan yang semakin banyak.
Itu semua hanya sebagian kecil faktor yang memacu terjadinya migrasi penduduk ke kota.

Selain itu, Saat ini selain bermigrasi ke kota, banyak juga penduduk Indonesia yang tergiur untuk bermigrasi ke Negara lainnya yang sedang mengalami kemajuan. Faktor pendorong yang paling kuat yaitu lapangan pekerjaan yang memadai dan bayaran yang dijanjikan. Walaupun hanya menjadi buruh atau pembantu rumah tangga, di Negara lain upah kerjanya lebih layak dibandingkan upah pembantu rumah tangga di Negara kita, itu juga menjadi salah satu faktor pendorong Migrasi. Tidak sedikit juga para penduduk yang migrasi ke Negara lain untuk melanjutkan sekolah disana dengan jaminan kualitas pembelajaran yang lebih baik.
jadi memang sebenarnya Migrasi mempunyai berbagai faktor pendorong dan ketertarikan tersendiri bagi semua pelaku migrasi. 

No comments:

Post a Comment

Pages