Wednesday, April 2, 2014

TULISAN

Pengaruh gadget terhadap anak-anak

      Barang-barang elektronik atau yang sering disebut gadget semakin tahun semakin pesat perkembangannya. Kita dapat langsung menyadarinya hanya dengan melihat berbagai merk handphone yang gencar mengeluarkan suatu produk baru yang semakin canggih setiap saatnya. Persaingan ini semakin lama semakin hebat dan sangat terlihat. Bahkan sekarang gadget seperti smartphone dan tablet semakin banyak beredar di kalangan masyarakat, dan banyak pengguna yang masih terus menerus mengikuti pembaruan teknologi ini.

    Dengan perkembangan ini kita bisa lihat hampir tidak ada satu orang pun yang tidak mempunyai gadget, baik itu dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Saat ini bahkan anak-anak kecil pun sudah diberikan orang tuanya gadget seperti smartphone, tablet bahkan PC atau laptop. Hal ini sudah biasa terlihat pada masa sekarang. Ketika anak-anak sedang berkumpul mereka lebih suka bermain games di laptop, PC, smartphone atau tablet mereka dibandingkan bermain di luar ruangan seperti yang dilakukan anak-anak pada masa sebelum gadget bertebaraan. Jika melihat ke masa yang belum terlalu lama kita masih sering melihat anak-anak bermain di luar bersama teman-temannya.  Memang perkembangan teknologi mempunyai dampak positif juga bagi mereka, seperti halnya mereka dapat mengetahui perkembangan zaman, mengetahui informasi yang luas tanpa terbatas melalui internet yang dapat diakses dari gadget mereka, dapat mempermudah segala hal dengan barang tersebut. Namun jika dilihat dari negatifnya gadget mempunyai dampak yang buruk juga bagi perkembngan anak-anak. Anak-anak yang seharusnya belajar untuk bersosialisasi lebih nyata namun karena gadget bisa membuatnya kurang bersosialisasi dengan temannya, mereka jadi malas belajar karena terus-menerus berinteraksi dengan gadget, bermain games secara online maupun tidak. Gadget juga dapat mengganggu kesehatan anak-anak, karena pada dasarnya kita tahu bahwa setiap barang elektronik mempunyai efek radiasi, dan hal ini tidak baik dibiasakan untuk anak-anak.


Hal yang baik yang seharusnya dilakukan oleh para orang tua adalah tidak memberikan gadget terhadap anak secara total, berikanlah hanya secukupnya, misalnya pada hari libur dan itupun harus disertai dan diawasi, dan dibatasi juga karena mereka para anak-anak butuh untuk membangun sosialisasi kesesama teman sepantarannya.

No comments:

Post a Comment

Pages